Kota 1001 GOA

>
Kabupaten Pacitan terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur. Wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo di utara, Kabupaten Trenggalek di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah) di barat. Sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan kapur, yakni bagian dari rangkaian Pegunungan Kidul. Tanah tersebut kurang cocok untuk pertanian.
Pacitan juga dikenal memiliki gua-gua yang indah, diantaranya Gua Gong (Gua Terindah Se-Asia Tenggara), Tabuhan (Batu dapat dipukul dan Berbunyi Seperti Alat Musik Gamelan), Kalak (Gua Pertapaan), dan Luweng Jaran (diduga sebagai kompleks gua terluas di Asia Tenggara). Di daerah pegunungan seringkali ditemukan fosil manusia purba dan alat - alat purbakala.
Kab.Pacitan Memiliki Banyak sekali pantai yang sangat-sangat indah, dan banyak diantaranya yang memiliki pasir putih, Berikut Daftar Pantai-pantai dan tempat wisata Di Kab.Pacitan
1.Pantai Klayar.
 Pantai Klayar terletak di Kecamatan Donorojo, berjarak sekitar 40 km dari kota Pacitan. Anda dapat sampai di pantai ini dalam waktu tempuh sekitar 60 menit.Pantai ini memiliki Hamparan pasir putih yg sangat menawan.batu karang yang menyerupai Sphinx, karang bolong, seruling laut, dan air mancur alami setinggi 10 meter.
2. Pantai Teleng Ria
Pantai Teleng Ria dapat ditempuh dengan waktu 5 menit dari pusat kota Pacitan. Saat ini, Pantai Teleng Ria adalah salah satu tempat wisata Pacitan yang paling ramai dikunjungi. Pantai ini adalah Pantai yang sangat terkenal di Pacitan keindahan nya pun tidak kalah dengan Pantai-pantai yang Lain.

 3. Goa Goong.
Goa Goong Seperti nama nya, Goa ini memiliki batuan-batuan yang jika di tabuh/di pukul akan menimbul kan suara Seperti Goong pada umumnya, Untuk mencapai Lokasi ini kita harus melewati jalan setapak.
4. Goa Tabuhan
Goa Tabuhan yang terletak di dusun Tabuhan, Desa Wereng ini adalah goa dengan karakter magis yang ada di Pacitan. Nama goa ini berasal dari kata tabuh, yang artinya membunyikan alat musik pukul.Di dalam goa, Anda dapat menikmati sajian musik gamelan Jawa dengan instrumen yang berasal dari stalaktit dan stalagmit yang dimiliki goa di Jawa Timur yang satu ini.

5.Sungai Maron
Wisata sungai maron ini terletak di desa dersono, kecamatan pringkuku, kutrang lebih 45 menit dari pusat kota untuk menempuh wisata Green Cayon ini, wisata sungai maron ini memang belum setenar wisata lainnya yang berada di pacitan seperti, goa gong, teleng ria,dan pantai klanyar namun keiundahan wisata ini amatlah menawan dengan kondisi yang begitu natural sehingga menyebabkan beberapa artis dari ibukota yang pernah mengunjungi Sungai Maron di Pacitan rindu untuk menyusuri kembali sungai yang satu ini.
Dan Masih Banyak lagi tempat-tempat wisata di Kab.pacitan.